Asterisk | Platform Telekomunikasi Berbasis Open Source

Sebuah perusahaan yang memiliki cabang di luar kota akan memiliki beban biaya komunikasi yang besar antara kantor cabang dengan kantor pusat atau antar kantor cabang jika menggunakan sistem telepon biasa (menggunakan GSM atau PSTN yang akan terkena tarif interlokal). Imbasnya tagihan penggunaan telepon pun akan membengkak. Namun hal ini bisa di antisipasi dengan menggunakan teknologi komunikasi berbasis jaringan salah satunya asterisk.

Hasil gambar untuk asterisk

asterisk sendiri adalah sebuah platform sistem telekomunikasi berbasis open source yang berjalan di sistem operasi linux. yang tentu saja kita bisa dapatkan dengan cuma-cuma alias gratis. Beberapa fitur yang di tawarkan asterisk diantaranya :
  1. Interactive Voice Response (IVR)
  2. Call Transfer
  3. Call Waiting
  4. Caller ID
  5. Music On Hold
  6. Call Queuing
  7. Call Recording
  8. Call Monitoring
  9. Database Integration
  10. VoIP Gateways
  11. Trunking

dan masih banyak yang lainnya.

Spesifikasi Hardware yang di perlukan pun tidak terlalu tinggi untuk membangun sebuah platform telekomunikasi berbasis asterisk ini. Untuk jumlah pengguna misalkan 25-80 orang dalam 1 cabang, kita cukup sediakan sebuah komputer desktop(PC) dengan spesifikasi prosesor dual core, 2 GB RAM serta kapasitas HDD 250GB.

Untuk instalasi sendiri kita ditawarkan dengan 2 cara. Yaitu, yang pertama, kita bisa instalasi dari source langsung satu persatu dari server linux dengan syarat koneksi internet yang cukup atau yang kedua, kita bisa mengunduh distro linux terlebih dahulu yang sudah di integrasikan dengan asterisk secara lengkap serta aplikasi pendukungnya seperti freePBX , elastix atau bisa menggunakan distro asteriskNOW yang di sediakan langsung dari asterisk.

Untuk pemula, saran penulis bisa menggunakan distro saja, karena selain mempermudah instalasi juga bisa menghemat waktu yang di perlukan untuk konfigurasinya. 

Jadi jika kita membangun sistem komunikasi berbasis jaringan ini, kita bisa banyak menghemat tarif yang diperlukan karena panggilan antar kantor cabang atau ke kantor pusat tidak dikenakan biaya tarif operator alias gratis. cukup dengan koneksi internet untuk menghubungkannya.

Menarik bukan?

Pada kesempatan berikutnya kita akan membahas bagaimana langkah-langkah instalasi pada server dan juga konfigurasinya.