asterisk-freepbx
Pada panduan kali ini kita akan melakukan instalasi asterisk menggunakan distro FreePBX.

kenapa menggunakan FreePBX? ya tentu saja alasannya simple pada proses instalasinya. Jadi saat proses instalasi sedang berjalan bisa ditinggal minum kopi atau nonton TV. Hehehe

Yang jelas kita ga perlu memikirkan dependency yang harus di install, semua sudah jadi satu paket didalam distro installernya. Langsung aja di praktekkan…

Untuk instalasi sendiri saya menggunakan virtual machine dengan ram 512mb dan Hdd 32Gb. silahkan bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Pertama, download terlebih dahulu source yang akan di gunakan untuk instalasinya disini

Sesuaikan installernya, bisa menggunakan versi 64bit atau 32bit. FULL ISO untuk instalasi mengunakan DVD (bisa menggunakan DVD burner) dan USB IMG untuk installasi menggunakan USB/Flashdisk ( bisa menggunakan win32 disk imager untuk membuat bootable USB-nya, download di sini https://sourceforge.net/projects/win32diskimager/ ).

Setelah membuat bootablenya langsung saja saat pertama kali komputer atau server booting yang di pilih adalah device yang kita gunakan untuk instalasi ( Dvd/usb ). Akan muncul gambar berikut :

Pilih FreePBX 10.13.66 with asterisk 11 untuk installasi dan pilih full install.

Pilih timezone sesuai dengan area saat ini berada.

Masukkan password yang akan digunakan sebagai user root.

Klik Ok untuk melajutkan step berikutnya format disk dan dilanjutkan step instalasi. Tunggu sampai semua proses instalasi package selesai.

Jika server atau komputer yang di install memiliki koneksi internet, secara otomatis FreePBX akan melakukan update module, estimasi waktu yang di perlukan 5-10 menit atau tergantung dari kecepatan koneksi internet.

Pada saat proses  update module FreePBX selesai, selanjutnya akan muncul halaman login, silahkan login menggunakan user root dan gunakan password yang sudah di buat sebelumnya.

Berikut tampilan halaman utama setelah login berhasil.

root home page

Pada step ini, kita sudah berhasil instalasi Asterisk menggunakan distro FreePBX. Kemudian dilanjutkan konfigurasi user admin GUI.

Konfigurasi user admin GUI

silahkan buka web browser menuju IP dari server.

Http://ip-address

isi username beserta password sesuai keinginan dan isi email yang akan di gunakan server untuk pemberitahuan. untuk mempercepat proses konfigurasi awal, bisa di pilih/klik tombol skip setelah proses konfigurasi akun admin ini selesai dan akan muncul halaman utama admin.

Di halaman akun admin ini kita bisa mengetahui status kondisi server baik itu RAM, CPU usage, status HDD dan masih banyak lainnya.

Pada tutorial kali ini kita sudah menyelesaikan tahapan demi tahapan instalasi Asterisk dengan distro FreePBX. Tutorial selanjutnya kita akan membahas konfigurasi SIP Trunk,Extension untuk user dan Outbound route untuk panggilan keluar.