Kloxo-MR, Server Control Panel yang dikembangkan oleh orang Indonesia

0
201
Kloxo-MR, Server Control Panel yang dikembangkan oleh orang Indonesia

Pengenalan

Kloxo-MR adalah salah satu server control panel gratis yang sangat mudah di gunakan. Kloxo-Mr sendiri merupakah sebuah control panel hasil modifikasi dari control panel Kloxo Official yang mana proses modifikasinya dikerjakan dan dikembangkan seorang developer asal indonesia bernama Mustofa Ramadhan dibantu oleh developer-developer lain dari berbagai negara.

Kloxo-MR memang sengaja dikembangkan untuk memperbaiki pada bug-bug yang terdapat pada Kloxo Official tersebut. Saat ini Kloxo-Mr memang sudah mendukung beberapa distro-distro besar Linux seperti Centos, Redhat, dan distro lain sejenisnya.

Fitur

  1. Mendukung sistem operasi Linux Redhat/CentOS 5 dan 6 (32bit-64bit) serta distro Linux Lainnya.
  2. Billing seperti AWBS,WHMCS,Hostbill, TheHostingTool, Accountlab Plus, Blesta
  3. Kloxo-Mr Mendukung beberapa web server antara lain : Nginx, Nginx-Proxy dan Lighttpd-proxy, disamping Httpd dan Lighttpd (sedang dalam proses pengembangan seperti : Squid,Varnish, Hiawatha, ATS,dan Httpd 2.4
  4. Kloxo-Mr mendukung beberapa versi php : Dual-php dengan php 5.3/5.4 sebagai primary dan php 5.2 sebagai secondary (sedang dalam pengembangan : multiple-php)
  5. PHP-tipe untuk Apache: php-fpm_worker/_event dan fcgid_worker/_event; disamping mod_php/_ruid2/_itk dan suphp/_worker/_event.
  6. Mail server : qmail-toaster instead special qmail (sedang dalam proses pengembangan : pergantian dari courier-imap ke dovecot sebagai imap/pop3) *).
  7. Database : MySQL atau MariaDB.
  8. Database Manager : PHPMyAdmin; Adminer, MyWebSql dan SqlBuddy sebagai tambahan **).
  9. Webmail : Afterlogic Webmail Lite, Telaen, Squirrelmail, Roundcube dan Rainloop; Horde dan T-Dah dropped.
  10. FTP server : Pure-ftpd.
  11. DNS Server : Bind dan Djbdns; add Powerdns, MaraDNS, NSD, myDNS and Yadifa *).
  12. Addons : ClamAV, Spamassassin/Bogofilter/Spamdyke dan RKHunter.
  13. Perbaikan beraneka macam bugs dari Kloxo Official tersebut (termasuk bug dalam masalah pada keamanan).

Disamping itu juga, khusus untuk Kloxo-MR untuk versi 7 ditambahkan beberapa fitur baru seperti :

  1. Web server : Hiwata dan Httpd 2.4.
  2. Web Cache : Squid, Varnish dan ATS (Apache Traffic Server).
  3. DNS : Powerdns, NSD, MyDNS dan Yadifa.
  4. Mail : Dovecot.
  5. Php: multiple Php.

Kelebihan

Tentu saja dengan banyak dan beragamnya fitur yang ditawarkan dari Kloxo-MR tersebut diatas dapat anda jadikan sebagai bahan pertimbangan untuk memilih Kloxo-MR sebagai control panel andalan untuk server anda tersebut. Dengan menggunakan Kloxo-MR, anda tidak perlu install php, mysql, nginx, bind, phpmyadmin, squirrelmail dan lain sebagainya secara manual yang tentu saja hal ini akan semakin mempermudah dan menghemat waktu anda berkali-kali lipat juga .

Syarat

Syarat utama sebelum anda melakukan instalasi Kloxo MR adalah anda harus memastikan bahwa VPS atau Dedicated Server anda menggunakan sistem operasi Linux Centos atau RedHat yang masih dalam keadaan fresh (baru melakukan install ulang) ditambah pengetahuan dasar tentang bagaimana cara menggunakan VPS dan Dedicated Server.

Tampilan

Berikut adalah tampilan Kloxo-MR 7

Kloxo-MR 7 Control Panel