About Mozilla Firefox ESR 52

Mozilla adalah organisasi non-profit yang mendedikasikan dirinya untuk membuat dunia Web semakin baik. Salah-satu kreasinya adalah Mozilla Firefox, yaitu multi-platform open source browser yang sudah tidak asing dan banyak digunakan. Bahkan Mozilla Firefox menjadi browser default untuk berbagai distro Linux.

Sayangnya untuk versi terakhir (versi 52) Firefox sudah tidak mendukung lagi berbagai Add-ons, antara lain NPAPI plugins, Java dan Microsoft Silverlight. Mengapa? Beberapa tahun terakhir Mozilla berusaha untuk membangun Firefox agar menjadi lebih ringan, aman dan memiliki performa yang baik. Untuk mewujudkan hal tersebut maka release 52 dipangkaslah dukungan terhadap plugins tersebut diatas dan tetap membangun Firefox menjadi browser yang memiliki kompatibilitas yang baik.

Bagi pecinta Firefox tidak perlu bingung karena selama progress pengembangannya (mulai versi 52), Team Mozilla menyediakan versi Mozilla Firefox ESR (Extended Support Release), dimana browser ini masih mendukung NPAPI plugins, Java dan Microsoft Silverlight, namun hanya sampai dengan awal tahun 2018, dimana diharapkan pada tahun tersebut Firefox sudah dapat menjalankan API (Application Programming Interface) NPAPI, Java maupun Microsoft Silverlight tanpa perlu memasang plugins-nya.

Jika anda tertarik menggunakan Firefox versi ESR silahkan download pada link ini Mozilla Firefox ESR Download Page. Jangan lupa uninstall terlebih dahulu browser Firefox yang sudah terpasang di komputer anda sebelum instalasi versi ESR. Semoga membantu.

Mozilla Firefox 52 ESR Add-ons