deepinlogo
Deepin merupakan sebuah distro linux yang masih satu keluarga dengan linux Debian. Distro ini dikembangan  oleh WDT (Wuhan Deepin Technology Co., Ltd) perusahaan yang berasal dari negeri China. WDT mengembangkan 2 versi untuk distronya yaitu versi Desktop dan juga Server.

Saat tulisan ini di buat, Deepin menempati urutan peringkat ke 9 di website https://distrowatch.com/ setelah distro fedora dan distro elementary.

Deepin-rank
urutan peringkat distrowatch

Versi terakhir yang stabil saat ini ada adalah versi 15.3. untuk versi 15.4 masih dalam tahap pengembangan. Tidak ada salahnya jika ingin mencoba varian lain dari debian.

Selain memiliki tampilan memukau. Deepin juga di dukung dengan deepin store yang menyediakan beragam software yang siap di install mendukung kerja kamu.

Sebelum proses instalasi distro-nya kita siapkan dahulu usb bootablenya. Deepin sendiri sudah menyediakan software yaitu boot maker untuk membuat usb bootable. Silahkan bisa di download di link berikut boot maker.

Lalu di persiapkan juga untuk file ISO nya yang bisa di download di Repo lokal sehingga proses download file ISO bisa lebih cepat. kamu bisa download di link berikut ISO .Ukuran filenya cukup besar yaitu 2Gb jadi di persiapkan kuotanya ya.

Setelah selesai download kedua file tersebut. buka dahulu software boot maker nya. yang akan muncul seperti gambar berikut :

deepin-bootmaker1

 

Persiapkan flashdisk dengan minimum ukurannya 4GB. pasangkan usbnya ke laptop/desktop-pc windows kamu. setelah itu kembali ke software boot maker. pilih file ISO dengan menekan icon Disc yang tampil di boot maker.

dan juga pilih lokasi untuk usb nya dengan menekan icon USB. Jangan lupa di checklist agar usb di format, lalu tekan tombol start.

ditunggu prosesnya mencapai 100%. proses pembuatanya kurang lebih memakan waktu sekitar 7-10 menit. tergantung juga dari kecepatan transfer data usb nya ya.

deepin-bootmaker2

deepin-bootmaker3

setelah proses pembuatan bootable selesai. silahkan booting pertama kali menggunakan usb bootable yang sudah kita buat sebelumnya pada laptop/desktop-pc yang akan di install linux tersebut. selamat mencoba.