Save Battery Ubuntu

Salah satu masalah yang sering dialami pengguna Ubuntu Desktop adalah borosnya pemakaian baterai pada laptop. Secara default memang Ubuntu Desktop telah memiliki power management, namun tampaknya masih sangat sederhana sehingga fiturnya tidak berdampak besar terhadap optimalisasi utilitas baterai laptop.

Tetapi hal ini sudah dapat diantisipasi dengan menambahkan aplikasi 3rd party yang dikembangkan oleh linrunner.de namanya TLP. Singkat saja, berikut dibawah langkah-langkah instalasinya.

  • Khusus untuk Ubuntu 16.04 LTS atau diatasnya sudah dapat langsung melakukan eksekusi pemasangan tanpa perlu menambahkan source PPA (Personal Package Archives).
    Namun, jika anda pengguna versi dibawahnya, maka perlu menambahkan PPA source. Cara menambahkannya pada Terminal adalah, sebagai berikut :

    sudo add-apt-repository ppa:linrunner/tlp
    sudo apt-get update
  • Setelah repository PPA ditambahkan dan proses update cache selesai, anda bisa langsung melakukan instalasi TLP
    sudo apt-get install tlp tlp-rdw

    Khusus untuk pengguna laptop dengan brand Lenovo ThinkPad anda perlu menambahkan fitur :
    – tp-smapi-dkms (dibutuhkan untuk battery charge tresholds, kalibrasi ulang dan output status tlp-stat secara spesifik)
    – acpi-call-dkms (dibutuhkan untuk battery charge tresholds dan kalibrasi ulang pada processor dengan kode Sandy Bridge dan model yang lebih baru lagi).

    sudo apt-get install tp-smapi-dkms acpi-call-dkms
  • Setelah instalasi selesai, anda bisa menyesuaikan konfigurasi dengan membuka script TLP di /etc/default/tlp dengan menggunakan Gedit.
    sudo gedit /etc/default/tlp

    Matikan fitur dengan menambahkan # di depan fungsi fitur, misalkan laptop yang anda gunakan tidak menggunakan VGA adapter ATi atau Radeon anda bisa menambahkan # diawal semua script function untuk Radeon, seperti pada contoh gambar dibawah ini.
    Script TLP - Disable RadeonUntuk mengetahui detil status TLP anda bisa menggunakan perintah :

    tlp-stat

Selamat mencoba.