Pemakaian standar Desktop Ubuntu sepertinya belum terasa nikmat jika tidak dibarengi dengan tweak dan penambahan tools maupun apps tambahan yang mungkin diperlukan secara luas. Berikut beberapa tweak, tools maupun aplikasi yang mungkin pembaca butuhkan untuk keperluan sehari-hari.

  1. Memindahkan Launcher bar Ubuntu ke bagian bawah Desktop
Memindahkan Launcher bar ke bagian bawah

Kabar gembira bagi penikmat Ubuntu karena pada versi Ubuntu 16.04 LTS kita sudah dapat memindahkan Launcher bar ke bagian bawah Desktop. Caranya, buka Terminal dan jalankan perintah berikut :

gsettings set com.canonical.Unity.Launcher launcher-position Bottom

Jika anda ingin mengembalikan ke posisi default (kiri) jalankan saja perintah berikut di Terminal :

gsettings set com.canonical.Unity.Launcher launcher-position Left

 

2. Mengaktifkan fitur 1-click untuk minimize/maximize Window

Aktivasi fitur 1-click di Terminal

Secara default Ubuntu Desktop (Unity) belum dapat melakukan 1 kali click pada Icon aplikasi yang sedang berjalan (biasanya muncul di Launcher bar). Fitur ini dapat diaktifkan dengan merubah konfigurasi pada Compiz Setting Manager, caranya dengan menjalankan perintah berikut di Terminal :

gsettings set org.compiz.unityshell:/org/compiz/profiles/unity/plugins/unityshell/ launcher-minimize-window true

Atau jika perintah ini tidak bisa berjalan dengan semestinya anda bisa memasang/install CompizConfig Settings Manager dengan menjalankan perintah di bawah ini dalam Terminal :

sudo apt-get install compizconfig-settings-manager

Membuka Ubuntu Unity Plugin
Aktivasi fitur 1-click minimize/maxmimize Window

Jika instalasi selesai bukalah CompizConfig Settings Manager. Selanjutnya buka Ubuntu Unity Plugin didalamnya. Kemudian berpindahlah ke tab Launcher dan centang fitur Minimize Single Window Applications (Unsupported) seperti tampak pada gambar.

Setelah itu cobalah untuk click salah satu Icon aplikasi yang sedang berjalan pada Launcher bar. Seharusnya Window aplikasi bisa minimize maupun maximize dengan 1 kali click saja.

 

3. Firewall Ubuntu

GUFW

Linux tidak membutuhkan antivirus tetapi firewall sangatlah penting. Secara default sistem Ubuntu sudah memiliki firewall yang bernama UFW (Uncomplicated Firewall), tapi ia berjalan pada mode textual (shell atau command prompt/CLI). Tentunya hal ini tidak user-friendly bagi pengguna yang tidak memahaminya. Untuk mempermudah anda dapat memasang GUFW yaitu sebuah front-end apps untuk  menjalankan UFW secara GUI (graphical interface) sehingga user dapat dengan mudah mengelola UFW yang ada pada Ubuntu. Caranya, jalankan perintah instalasi dibawah ini dalam Terminal :

sudo apt-get install gufw

 

4. Disc Burner

Brasero

Secara default, Ubuntu 16.04 LTS tidak memasang aplikasi burner untuk CD/DVD. Jika anda memerlukan apps burner anda bisa menggunakan Brasero sebagai pilihannya. Instalasinya silahkan jalankan perintah dibawah ini pada Terminal :

sudo apt-get install brasero

 

5. ISO Mounter

Furius ISO mounter

Selain disc burner, ada juga kebutuhan-kebutuhan tertentu seperti ISO mounter dan file sejenisnya. Anda bisa menggunakan aplikasi Furius ISO Mount di Ubuntu. Gunakan perintah dibawah ini untuk memasangnya :

sudo apt-get install furiusisomount

 

6. Photo Editor

Wilber GIMP Icon

Jenis aplikasi yang satu ini merupakan salah satu aplikasi favorit yang sering digunakan kebanyakan orang. Pada Ubuntu anda bisa menggunakan GIMP (GNU Image Manipulation Program) sebagai alternatifnya. Instalasikan GIMP dengan menggunakan perintah berikut

sudo apt-get install gimp

 

7. Komunikasi

Skype

Saat ini alat komunikasi termasuk chat, internet call sampai dengan video conference yang paling sering digunakan adalah Skype. Sepertinya aplikasi ini adalah software komunikasi multi-platform yang wajib dimiliki. Instalasikan Skype dengan menggunakan perintah berikut di bawah :

sudo apt-get install skype

 

8. Online Account

Online accounts

Sistem Ubuntu modern dapat mengintegrasikan online account yang anda miliki. Jika anda ingin memanfaatkan fitur ini silahkan tambahkan account anda pada Online Accounts yang berada di System Settings

 

9. Multimedia Player

VLC

Jika anda tidak puas dengan multimedia player default dari Ubuntu anda bisa menggantinya dengan memasang VLC sebagai alternatif terbaik. Aplikasi ini dapat memainkan hampir semua file multimedia, mulai dari DVD, CD, VCD, Audio dan protokol streaming. Install VLC dengan menjalankan perintah berikut :

sudo apt-get install vlc

 

 

10. Pembersih sistem

BleachBit

Anda bisa menggunakan tools pembersih sistem bernama BleachBit pada sistem Ubuntu. Tools ini sangat berguna untuk membersihkan cache, cookies, Internet history, shred temporary files, logs dan file-file sampah lainnya. Untuk instalasinya anda bisa menjalankan perintah berikut :

sudo apt-get install bleachbit

 

 

Sepertinya semua tweak dan aplikasi yang terjabar diatas sudah mencukupi untuk pemakaian Ubuntu Desktop sehari-hari. Semoga bermanfaat.