Kali ini penulis akan menjelaskan bagaimana memadukan uGet dan aria2 menjadi download manager yang powerful pada Desktop Ubuntu. Mari langsung saja kita mulai langkah-langkahnya.

  1. Instalasi uGet dan aria2
Instalasi uGet dan aria2

Bukalah Terminal dan jalankan perintah berikut

sudo apt-get install uget aria2

 

 

2. Setting uGet

Setting uGet

Jika instalasi sudah selesai jalankan aplikasi uGet untuk melakukan beberapa konfigurasi agar uGet bisa bekerja secara optimal sebagai download manager dengan menggunakan plugin aria2. Setelah terbuka masuklah ke Settings (Edit > Settings pada Menu Bar).

 

3. User Interface

User Interface

Tampilan awal jendela konfigurasi uGet adalah opsi User Interface. Sesuaikanlah seperti yang anda inginkan, namun perlu diperhatikan, jika anda tidak ingin terganggu oleh jendela uGet yang terbuka setiap kali aplikasi ini berjalan silahkan centang pada Minimize to tray on startup.

4. Plug-in

Plug-in

Setelah selesai dengan User Interface, langsung saja ke bagian Plug-in. Secara default uGet menggunakan plug-in curl sebagai mode download. Gantilah plug-in menjadi aria2 seperti pada gambar. Setelah diganti abaikan setting yang lain dan tutup menu Settings dengan menekan tombol OK.

 

5. Setting profile download

Setting profile download

Jika Settings telah tertutup kita kembali pada window uGet, perhatikan pada bagian Category. Disana terdapat daftar profil download. Bukalah setting pada profil New0 dengan klik kanan profil tersebut dan pilih Properties.

 

6. Category settings

Category Settings

Kita bisa menyesuaikan namanya menjadi General karena secara default profile ini digunakan tidak secara spesifik namun untuk melakukan download beragam jenis file.

 

 

7. Default for new download 1

Default for new download 1

Selanjutnya beralihlah ke tab disebelahnya yaitu Default for new download 1. Default-nya uGet akan menyimpan data download pada direktori/folder user, anda bisa merubahnya ke direktori Download seperti pada gambar. Kemudian yang terpenting disini, lihatlah pada Max Connections. Naikan angkanya sebagai misal 8. Semakin besar nilainya maka akan semakin banyak sumber koneksi host yang akan digunakan uGet sehingga proses download menjadi lebih cepat. Apabila sudah selesai terapkan konfigurasi dengan menekan tombol Ok. Selanjutnya anda bisa menutup window uGet.

8. Restart uGet

Mematikan uGet

Jika sudah tertutup jendela uGet restart-lah uGet, caranya klik kanan pada Icon uGet yang ada pada Tray Bar Desktop Ubuntu kemudian pilih Quit. Tidak lama Icon uGet akan hilang yang artinya service uGet sudah tidak berjalan. Bukalah kembali uGet sampai Icon-nya muncul kembali di Tray Bar. Restart uGet bertujuan agar konfigurasi yang sudah ditetapkan berjalan dengan sebenarnya.

9. Instalasi Add-ons FlashGot pada Mozilla Firefox

Instalasi Add-ons FlashGot pada Firefox

Agar uGet terintegrasi dengan browser maka kita perlu melakukan penambahan Add-ons dan sedikit konfigurasi. Pada tutorial ini kita menggunakan browser bawaan Ubuntu yaitu Mozilla Firefox. Bukalah Mozilla Firefox dan tambahkan Add-ons FlashGot. Ikuti saja langkah-langkah pemasangannya, restart Firefox akan diperlukan untuk menerapkan Add-ons baru.

 

10. Integrasi uGet di Mozilla Firefox

Buka preferensi FlashGot
Tetapkan uGet sebagai Download Manager FlashGot
Tetapkan uGet sebagai Download Manager FlashGot Media

Jika FlashGot sudah terpasang di Firefox bukalah preferensinya (Menu > Add-ons > Extensions). Selanjutnya integrasikan uGet sebagai Download Manager di FlashGot pada tab General. Beralihlah ke tab FlashGot Media untuk menetapkan uGet sebagai Download Manager untuk mengunduh file-file multimedia. Pilihlah Default (uGet) dibagian ini. Simpanlah konfigurasi yang sudah dibuat dengan menekan tombol OK.

11. Mencoba uGet

Icon FlashGot muncul (berkedip)
Klik kanan untuk memilih file format

 

Download dengan uGet

Sekarang cobalah download file multimedia di browser Firefox. Anda bisa streaming video di situs YouTube sebagai misal. Ketika video atau audio anda putar akan muncul icon berkedip di Tool Bar Firefox, coba anda klik icon tersebut. Anda juga bisa klik kanan untuk memilih file format yang ingin diunduh. Biasanya untuk pertama kali FlashGot akan menanyakan dimana anda akan menyimpan file download. Tetapkanlah seperti yang anda inginkan, misalnya direktori Download dan terapkan dengan menekan tombol OK atau Choose. Setelah tertutup jendela uGet akan muncul dan tekan OK untuk mulai mengunduh.

 

Sampai disini anda sudah berhasil memasang uGet dengan plugin aria2 dan mengintegrasikannya dengan browser Mozilla Firefox. Perlu diketahui bahwa service uGet tidak secara otomatis berjalan ketika setiap kali anda masuk ke Desktop Ubuntu ini bisa ditandai tidak ada icon uGet di Tray Bar Desktop Ubuntu, alasannya agar sistem Ubuntu cepat load. Ia akan berjalan hanya jika ada trigger, seperti anda akan mengunduh file. Namun jika anda menginginkan uGet dapat berjalan setiap kali anda masuk ke dalam Desktop Ubuntu, anda bisa menambahkannya di Startup Applications.

Buka Startup Applications dari Dash
Menambahkan uGet di Startup Applications

Untuk manambahkannya coba anda buka Startup Applications (ketiklah di Dash). Kemudian tambahkan (Add) uGet :

Name : uGet
Command : /usr/bin/uget-gtk
Comment : uGet Download Manager with aria2 (bebas mengisikan apa saja di bagian ini)

Jika sudah selesai tekanlah tombol Add untuk menambahkan uGet dan Close Startup Applications. Kemudian restart komputer. Setelah anda masuk lagi ke dalam Desktop Ubuntu seharusnya sudah ada icon uGet di Tray Bar.

Selamat mencoba dan happy download.